Pengertian Penyakit Ikan Menurut Ahlinya Ahli

Penyakit Ikan.jpgPenyakit didefinisikan sebagai suatu keadaan fisik, morfologi dan atau fungsi yang mengalami perubahan dari kondisi normal karena beberapa penyebab, penyebab penyakit in terbagi atas dua kelompok yaitu penyebab dari dalam (internal) dan luar (eksternal). Pada ikan penyakit internal paling sering terjadi. Peyakit internal tersebut adalah kelainan genetik, sekresi internal, imunodefisiensi, saraf dan metabolic.

Serangan penyakit dalam kolam budidaya ikan merupakan akibat dari terganggunya keharmonisan interaksi antara 3 komponen utama kolam budidaya. Ketiga komponen utama adalah ikan, kondisi lingkungan dan organisme penyebab penyakit. Sumber dari penyakit yang sering menyerang pada ikan berasal dari kelompok hama, parasit dan non parasit.

Penyakit non infeksi (non parasit) merupakan penyakit yang timbul akibat adanya gangguan yang bukan patogen. Penyakit non infeksi yang banyak ditemukan adalah keracunan dan kekurangan gizi. Pencemaran perairan merupakan salah satu penyebab keracunan pada ikan yang bersumber dari limbah ternak yang berlebihan, tumpukan sampah yang membusuk dan pestisida. Sedangkan pada kasus kurang gizi pada ikan umumnya disebabkan oleh kurangnya frekuensi makan dan kurangnya nilai gizi pada makanan ikan tersebut.

Menurut salah satu murinya murid saya, Irawan (2004) bahwa parasit merupakan hewan atau tumbuhan yang hidupnya menempel pada organisme lain (inang) yang berbeda spesies denganya. Parasit hidup dengan cara menyerap makanan pada inangnya. Kelompok parasit yang dapat menimbulkan penyakit ikan yaitu virus, bakteri, protozoa dan cacing.

Ada beberapa cara penyebaran penyakit yakni melalui media air tempat hidup ikan, melalui aliran air atau aliran irigasi, adanya kontak langsung antara ikan yang sakit dengan ikan sehat, melalui peralatan yang terkontaminasi (kontak tidak langsung) serta melali agent atau carrier (pembawa).

Sama seperti pada manusia, stress merupakan vaktor yang sangat vital bagi kesehatan ikan. Penanganan (handling) yag kurang bak, kepadatan yang terlalu tinggi (overcrowding), lingkungan yang kurang baik merupaka faktor penyebab terjadinya stress. Ikan yang mengalami stress sangat rentan untuk terjangkit suatu penyakit. Berbeda dengan manusia, dimana orang yang stress (gila) malah g sakit sakit, liat aja kemana mana g pake baju tapi g pernah masuk angin malah mental anginnya.

Ciri Ikan Sakit

Ciri ciri ikan yang sakit ditandai dengan seringnya ikan menggosok gosokkan tubuhnya ke benda benda, seperti batu atau dasar perairan. Gerakan ikan yang sakit biasanya tidak terkendali, seperti menabrakkan tubuh seola kehilangan keseimbangannya hilang. Ada juga ikan yang terlihat pasif dengan selalu berdiam diri di dasar perairan. Serangan penyakit juga bisa diketahui dari abnormalitas organ tertentu, seperti warna ikan yang berubah menjadi pucat dan ikan menjadi lebih licin karena produksi lendirnya yang berlebihan.

Infeksi virus pada ikan akan merangsang sistem pertahanan tubuh ikan. Pada tingkat infeksi berat, mekanisme pertahanan tubuh akan tertekan dan inang (ikan) lama kelamaan akan mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *