Cara Memilih Udang Vaname Air Tawar Terbaik

Litopenaus Vannamei atau yang lebih populer dengan nama udang vaname merupakan jenis peluang usaha yang menjadi komoditas terbesar yang diminati oleh banyak penambak. Keberadaan varietas baru udang vaname ini bukan hanya menjadi penopang kebangkitan usaha pertambakan di Indonesia saja. Namun kehadirannya juga memudahkan para penambak untuk menentukan pilihan terhadap jenis variates udang yang hendak dibudidayakan.

Biasanya untuk mencapai hasil panen yang optimal haruslah memperhatikan tips memilih udang vaname air tawar terlebih dahulu. Jikalau pemilihan yang Anda lakukan tepat tentunya akan disusul dengan hasil yang memuaskan pula.

Meskipun jenis udang vaname ini memiliki keunggulan yang lebih banyak jikalau dibandingkan dengan variates jenis udang lainnya. Tetapi jikalau tanpa didukung dengan pengetahuan terkait tata cara memilih udang vaname air tawar yang baik tentunya peluang panen yang melimpah dan maksimal yang bisa Anda dapatkan akan kecil. Maka dari itu Anda harus jeli dan teliti tatkala memilih benih udang vaname yang hendak dibudidayakan nantinya.

1. Mengetahui kelebihan udang vaname

Sebelum mengulas bagaimana cara memilih udang vaname air tawar terbaik, tak ada salahnya jikalau Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh variates udang ini.

Tak terpungkiri variates udang vaname memang lebih banyak keunggulan yang mampu membuka peluang panen yang maksimal bagi penambak dibandingkan dengan jenis udang lainnya. Pasalnya udang vaname ini lebih memiliki ketahanan tubuh yang kuat dari serangan penyakit dan hama mematikan.

Bahkan mereka cenderung lebih tahan terhadap gangguan lingkungan yang sering kali terjadi tatkala musim berganti. Oleh karenanya tak heran jikalau udang vaname ini mampu tumbuh dan berkembang dengan cepat dan pesat.

Selain itu, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh jenis udang ini adalah waktu pemeliharaan yang terbilang singkat dan pendek. Biasanya udang vaname hanya memakan waktu 90 hingga 100 hari saja untuk memasuki masa panen. Sehingga hal tersebut tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi para penampak udang vaname, pasalnya dengan waktu singkat akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Pilih dengan jeli dan perhatikan tanda ini

Sudah dijelaskan tadi diatas bahwasannya ada trik memilih udang vaname air tawar terbaik yang wajib diketahui oleh banyak penambak tatkala ingin membudidayakan variates udang ini. Diantaranya adalah pemilihan bibit yang harus dilakukan dengan teliti, jeli dan selektif.

Ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mendapatkan benih undang vaname yang terbaik supaya hasil panen yang Anda dapatkan kelak dapat berkualitas dan maksimal. Maka dari itu, pastikan bahwa benih udang vaname yang di pilih tak memiliki cacat atau luka dibagian tubuhnya. Udang vaname yang memiliki insang dengan bentuk tubuh yang mampu menunjukkan ususnya juga menjadi kriteria benih udang vaname yang unggul. Biasanya benih udang yang sehat juga akan memiliki gerak yang gesit dalam melawan arus air.

Juga agar hasil panen kelak bisa mendapati hasil yang melimpah, upayakan untuk memilih benih yang memiliki bentuk tubuh seragam dan sama. Selain memudahkan untuk memanen tentunya juga memudahkan perawatan.

Itulah info terkait cara memilih udang vaname terbaik yang bisa kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini mampu membantu Anda dalamk memilih bibit undang vaname unggul dan berkualitas demi hasil panen yang optimal dan memuaskan. Semoga bermanfaat, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *